Rabu, 26 Oktober 2011

Psikologi itu apa sihhh?????

     Psikologi..hmm..apa yaa??mungkin istilah tersebut sering di dengar..tapi sebenarnya psikologi itu apa yaa???hmmm...Saya aja 'banting setir' milih jurusan Psikologi tapi belum tau apa sih psikologi itu??apa psikologi itu ilmu yang berhubungan dengan orang-orang gila???zzzztttttt
     Psikologi secara umum memang berkaitan erat dengan kehidupan manusia. Psikologi sendiri berasal dari kata psyche yang diartikan jiwa dan perkataan logos yang berarti ilmu atau ilmu pengetahuan. Karena itu psikologi sering diartikan dengan ilmu pengetahuan tentang jiwa atau disingkat ilmu jiwa. Psikologi sendiri sebenarnya ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia. Manusia mempunyai bermacam-macam perilaku yang pastinya berbeda antara manusia yang satu dan manusia lainnya. Eittss tapi psikologi tidak hanya mempelajari manusia saja loh, tapi juga bisa berkaitan dengan hewan, bahkan seringkali penelitian-penelitian psikologi dengan menggunakan hewan.
     Perilaku sendiri dapat dibedakan antara perilaku yang refleksif dan yang non refleksif. Perilaku refleksif merupakan perilaku yang terjadi atas reaksi secara spontan terhadap stimulus yang mengenai organisme tersebut. Misalnya reaksi kedip mata bila terkena sinar. Reaksi refleksif adalah perilaku yang terjadi dengan sendirinya, secara otomatis. Stimulus yang diterima oleh organisme atau individu tidak sampai ke pusat susunan syaraf atau otak. Lain halnya dengan perilaku yang non-refleksif. Perilaku ini dikendalikan atau diatur oleh pusat kesadaran atau otak barulah terjadi respon.
     Pada perilaku manusia, perilaku psikologis inilah yang dominan, merupakan perilaku yang banyak pada diri manusia. Perilaku seseorang dapat dibentuk dengan berbagai cara berikut :

1. Cara pembentukan perilaku dengan kondisioning atau kebiasaan
    Salah satu cara pembentukan perilaku dapat ditempuh dengan kondisioning atau kebiasaan. Dengan cara membiasakan diri untuk berprilaku seperti yang diharapkan, akhirnya akan terbentuklah perilaku tersebut.

2. Pembentukan perilaku dengan pengertian (insight)
    Pembentukan perilaku dapat ditempuh dengan pengertian. Misalnya data kuliah jangan sampai terlambat, karena hal tersebut dapat menganggu teman-teman yang lain.

3. Pembentukan perilaku dengan menggunakan model
    Pembentukan perilaku dapat dengan menggunakan model atau contoh. Kalau orang bicara bahwa orangtua sebagai contoh anak-anakya,sehingga sang anak akan mengerti bagaimana caranya berbicara dan berprilaku sopan

Yaa itu hanya sebagian kecil pengetahuan yang berkaitan dengan psikologi..Jadi psikologi sendiri sebenarnya lebih berkaitan dengan kejiwaan seseorang..
- Bagaimana perkembangan seorang anak yang dibesarkan dalam keluarga yang broken home?
- Bagaimana hubungan menonton film romantis pada remaja dan hubungannya dengan perilaku seksual?
- Bagaimana hubungan kesepian dan persahabatan pada mahasiswa kost?
- Bagaimana membaca pikiran dan kepribadian seseorang??
dan masih banyak lagi..

tunggu postingan selanjutnya yaaa kalau mau tau jawaban-jawaban pertanyaan di atas...

yang mau CURHAT ONLINE silahkaaaannn...silahkan E-mail di :
wicha_amalia.psikologi@yahoo.co.id

atau via Facebook : Wicha Amalia Putri
via twitter : @WichaAmalia

ditunggu kawan-kawan

So,selama manusia masih ada,selama itu juga ilmu psikologi akan terus ada..hehehe ^____^

Salam psycomania :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar